Jumat, 18 Desember 2009

www


Sir Tim Berners-Lee, penemu dari World Wide Web, mengatakan kebiasaan browsing sekarang bisa dimonitor, layaknya seseorang telah menempatkan kamera di kamar seseorang.
Hukum harus dibuat lebih baik untuk memastikan data sensitif tidak disalahgunakan untuk keperluan komersil, tambahnya.
Google menjadi perusahaan terakhir yang memakai sistem yang mengirim iklan ke para pengguna web berdasarkan aktivitas online-nya. Para pendukung privasi mengatakan tren semacam ini sangat berbahaya dan memperingatkan peraturan baru dari pemerintah masih belum cukup untuk menanggulangi hal ini.
Sir Tim, yang sekarang menjadi profesor di Massachusetts Institute of Technology, mengataka pada masa sekarang orang-orang memasukkan semua data sensitif mereka di web dan karena itu privasi dari mereka tidak boleh sampai dilanggar.
David Davis dari parlemen Inggris mengatakan privasi harus selalu ditegakkan tanpa harus membuat web menjadi lemah. Dia mengatakan enkripsi sederhana dapat menimbulkan dampak. Pengacakan informasi tersebut membutuhkan biaya besar dan menurunkan kecepatan internet dengan sangat signifikan.
Sedangkan para pendukung privasi mengatakan sistem iklan harusnya bersifat sebagai pilihan bukan langsung diterapkan, usul ini juga didukung Information Commissioner tahun lalu.

4 komentar: